Selasa, 22 Maret 2011

Cara Jalin Hubungan Orang Tua dengan Anak

 
Menjalin hubungan dengan anak tidak selalu menjadi hal yang mudah bagi setiap orang tua. Masalah waktu yang kurang banyak menjadi kendala dalam menciptakan komunikasi yang baik. Kedekatan antara orang tua dengan anak tidak dating begitu saja, melainkan harus diciptakan. Anda bisa menggunakan delapan cara berikut ini untuk melekatkan hubungan anda dengan sang buah hati.

·        Ciptakanlah kebiasaan atau tradisi dalam membangun kebersamaan. Anda bisa menerapkan dengan cara mendongeng sebelum tidur, pergi bersama diakhir pecan, atau pesta perayaan ulang tahun anggota keluarga. Kalau belum, mulailah dari sekarang. Kebiasaan akan membuat anak selalu menunggu saat-saat tersebut.
·        Untuk kedua orang tua yang sama-sama bekerja, carilah waktu luang di sela-sela kesibukan kerja dan ajak anak-anak liburan ke suatu tempat. Bisa juga hanya di rumah kemudian melakukan kegiatan bersama seperti main atau masak. Meluangkan waktu untuk anak sama pentingnya dengan memberinya perhatian setiap saat.
·        Jadikan makan malam bersama sebagai kegiatan wajib bagi anggota keluarga. Duduk bersama di meja makan bisa lebih bermakna ketimbang hal-hal lain dan makin mendekatkan semua anggota keluarga. Kalau makn malam tidak memungkinkan, bisa juga diganti dengan sarapan bersama. Di meja makan kita bisa saling ngobrol, menciptakan pengalaman hari itu, dan sebagainya.
·        Sesekali, ajak anak membicarakan hal-hal yang memang penting bagi mereka. Tapi jangan hanya bertanya dengan pertanyaan  “benar” atau “salah”. Tanyakan, misalnya  apa yang mereka inginkan untuk mengisi akhir minggu. Anak pasti akan merasa dilibatkan dalam pembicaraan.
·        Sebaiknya anda tidak menganggap remeh pelukan atau sentuhan. Sebuah pelukan bisa memberi hiburan, memberi anak perasaan berani, sekaligus menghilangkan kekhawatiran. Terkadang, tepukan atau pelukan di bahu anak lebih berati ketimbang seribu kata.
·        Jangan pernah membiarkan satu hari berlalu tanpa mengatakan betapa Anda sangat menyayangi anak-anak Anda. Katakan betapa mereka sangat berati bagi Anda dan betapa hidup Anda menjadi lebih kaya dengan kehadiran mereka.

Sumber : Fitur Klasika KOMPAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar